Apa itu Widget dan Cara Menggunakannya Pada Blogspot

0 comments
Mungkin bagi yang sebagian orang istilah widget kedengarannya masih terasa asing bagi yang belum mengetahuinya. Sebenarnya Apa Itu Widget, dalam dunia internet widget adalah sebuah aplikasi yang terdapat dalam blogger yang digunakan untuk membuat sebuah elemen yang akan ditambahkan pada halaman blog  berupa kode dhtml, kode html, adobe flash, dan javascript. Widget sendiri memiliki kesamaan dengan gadget hanya saja yang membedakan antar keduanya adalah gadget merupakan istilah khusus yang digunakan dalam versi blogger. Beberapa Istilah yang digunakan untuk penyebutan lain dari widget yaitu : gadget, badge, module, webjit, capsule,dan lainnya.



Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari blogger jadi tidak bisa digunakan pada platform lain seperti wordpress dan joomla, namun bisa juga digunakan dengan leluasa dan tidak hanya terbatas dalam ruang lingkup blogger saja tetapi bisa menambahkan fitur berupa kode html seperti penggunaan flagcounter, hitstat dan lainnya. Fungsi dari gadget sendiri untuk memberikan dan kemudahan para pengunjung blog dalam mencari informasi dari sebuah halaman blog. selain itu penambahan widget biasanya digunakan untuk menghiasi dan memperindah tampilan blognya dengan widget. beberapa elemen widget yang dipasang pada blog yaitu jam, kalender, animasi dan lainnya. Aplikasi widget ini pada umumnya dijalankan pada sebuah server tersendiri dan penggunanya bisa dilakukan dengan sangat mudah cukup dengan mengcopy kode html atau javascript yang diberikan pada penyedia layanan dan akan dimasukan pada kode html atau java script yang terdapat dalam blog. Jadi tampilan yang terdapat pada halaman blog adalah hasil dari outputnya.

Cara menggunakan widget pada blogspot :
Untuk dapat mengunakan aplikasi widget pada blog anda, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan yaitu:
1. langkah pertama adalah dengan mengunjungi website blogger di  www.blogger.com dan lakukan login dengan akun blogger anda.
2. Pada tampilan yang terdapat dikolom sebelah kiri ada beberapa pilihan menu seperti ikhtisar, pos, laman, komentar, statistik, pilih menu tata letak blogger.
3. Setelah itu anda akan dihadapkan pada tampilan tata letak blogger, pilih tambahkan gadget untuk menambah gadget yang di inginkan.
4. Ada beberapa pilihan gadget yang bisa anda gunakan untuk menambah widget.
5. Pilih gadget yang akan digunakan untuk menambah widget pada blog misal kode html/java Script
6. Setelah itu akan tampil menu konfigurasi widget dan isikan data yang dibutuhkan pada kolom konten dengan mengisi kode html atau java script yang nantinya akan ditampilkan pada halaman blog
7. Setelah kode html telah di isi dengan benar, pilih simpan dan lihat hasilnya.

Demikianlah informasi mengenai Apa Itu Widget dan Cara Menggunakannya Pada Blogspot. Semoga  bermanfaat.
Comments
0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Ya
dan Terima Kasih Atas Kunjungannya